Kisah Sukses Modal 40 Juta Seorang Mahasiswi

Kisah Sukses Modal 40 Juta Seorang Mahasiswi

Halo Akuntansi – Berikut ini ada sebuah cerita inspiratif yang di harapkan akan mampu membuat anda belajar bagaimana seorang gadis yang masih berstatus mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Makassar menjadi seorang pengusaha rental mobil yang kini telah memiliki lebih dari 60 unit mobil dengan modal awal 40 juta rupiah saja.

Awalnya ia melihat sebuah peluang ketika teman-teman kampusnya sangat hobby bepergian pada akhir pekan. Setiap akhir pekan, teman-teman di kampusnya mengunjungi salah satu rumah dari mereka. Misalnya minggu ini kerumah si A terus kemudian minggu berikutnya kerumah si B dan seterusnya. Ketika akan bepergian, teman-temannya menyewa mobil rental.

Ternyata ia melihat tidak hanya teman dekat dalam kampusnya saja, tetapi teman lain yang berbeda jurusan, ternyata sering melakukan hal yang sama.

Saat itu ia mempunya uang dalam tabungannya sebesar 40 juta untuk biaya kuliahnya. Namun ia berfikir, menyimpan uang dalam bank tidak akan membuatnya bertambah dan akan habis di gunakan perongkosan kuliah. Melihat peluang dari kebiasaan teman kampusnya, ia memutuskan untuk membeli mobil senilai 40 juta.

Mobil yang ia beli di tawarkan pada teman-temannya. Mobil tersebut pun di pilih oleh teman dalam lingkup kampus, karena tergolong murah di bandingkan yang lain, maka mahasiswa dalam kampus yang mengetahui itu menjadi tertarik dah lebih senang menggunakan mobil yang ia beli.

Bahkan dalam berbagai kegiatan kampus, mobilnya tidak pernah kosong dan selalu di gunakan. Setelah 6 bulan ia berhasil mengumpulkan dana sebesar 30 juta, atau pendapatannya perbulan kurang lebih 5 juta rupiah.

Bulan ke 6 ia memutuskan menjual mobilnya dan laku dengan harga 35 juta rupiah. Dan kini ia memiliki dana sekitar 65 juta rupiah.

Ia kembali memutuskan untuk mencari mobil bekas dengan harga 40 juta. Dan sisanya 25 juta ia gunakan sebagai DP untuk membeli mobil baru. Dan kini ia punya mobil 2 unit mobil yaitu 1 mobil bekas dan satu mobil baru dalam cicilan. Cicilan yang di ambil adalah jarak terdekat yaitu 2 tahun.

Penghasilan perbulan dari kedua mobilnya sebesar 9 juta perbulan masing-masing mobil baru sebesar 5 juta perbulan dan mobil bekasnya sebesar 4 juta perbulan. Dalam jangka satu tahun ia berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 108 juta dikurangi angsuran sebesar Rp. 84 juta. Jadi sisa uang tunai yang dimilikinya adalah sebesar Rp. 24 juta.

Setelah setahun mobil bekasnya di jual kembali dengan harga Rp. 30 juta dan kini uang tunai yang ia miliki adalah sebesar Rp. 54 juta. Kemudian ia menggunakan uang tersebut untuk mebayar DP mobil baru dengan tenggang waktu setahun.

Mobilnya berjalan lancar dan setahun kemudian kedua mobil tersebut lunas dan resmi menjadi miliknya secara utuh. Tahun terakhir ia kuliah telah memiliki 2 unit mobil, kemudian tahun itu ia menjual mobil pertamanya yang berumur 2 tahun sebesar Rp. 120 juta. Dari penjualan tersebut ia membayarkan DP mobil baru 2 unit masing-masing 60 juta dan kini ia memiliki 3 mobil, kembali ia mengambil jangka waktu setahun.

Setahun berlalu, ia tamat kuliah, dan kedua mobilnya telah lunas sedangkan mobil pertama yang ia tidak jual tetap menghasikan dan telah berusia 2 tahun berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 60 juta (5 juta perbulan) dan 2 mobil cicilan hanya menutupi angsurannya namun kini telah lunas.

Dan akhirnya ia menjual mobilnya kembali yang telah berusia 2 tahun dengan harga 120 juta. Dan kini dana cashnya telah memiliki 180 juta. Kembali ia membeli 2 unit masing-masing DP sebesar 90 juta dan jangka waktu setahun agar lebih ringan, tetapi 2 mobil yang telah ada tidak ada lagi beban hingga ia mengumpulkan dana dari mobilnya itu.

Setahun kemudian ia berhasi mengumpulkan dana sebesar :

2 Unit mobil yang telah lunas 120 juta

2 Unit mobil cicilan sebesar 40 juta. Ini disebabkan angsuran yang kurang dan DP yang besar

Proses tersebut terus ia ulang tapi kali ini mobil yang telah lunas ia jual masing-masing harga 120 (Umur 2 tahun) maka dana cashnya adalah :

120 juta + 240 juta + 40 Juta = 400 juta

Dari dana tersebut ia kembali melakukan pembelian mobil baru dengan DP masing-masing 100 juta rupiah jangka setahun, dan kini memiliki 6 unit mobil.

Tidak sampai sepuluh tahun kesuksesan di mulai dari seorang mahasiswi menjadi seorang pengusaha rental mobil. Dan kini ia memiliki armada 60 unit dalam jangka waktu kurang dari 10 tahun dengan mengulang kejadian di atas.

Mempelajari cerita ini kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa dalam mencari ide bisnis kita harus jeli melihat sekeliling kita. Ketika ada peluang segera ambil peluang itu tanpa mengenal rasa malu dan sebagainya selama itu sifatnya halal. Memanfaatkan apa yang ada pada diri kita dan berani mengambil resiko yang ada !

Jangan lupa BAGIKAN, Terima Kasih !
  • 1
    Share

COMMENTS