Dasar-Dasar Ilmu Akuntansi

Dasar-Dasar Ilmu Akuntansi

Halo Akuntansi – Memahami akuntansi memang sering membingungkan ketika kamu tidak mengetahui harus mulai belajar dari mana. Namun di blog ini sudah di jelaskan secara lengkap mengenai dasar ilmu akuntansi.

Pertanyaan yang sering didapati bagi kita yang ingin belajar akuntansi adalah, “Dimulai dari mana kita harus belajar?“.

Dalam hemat kami, ada 3 dasar utama mengenai praktek akuntansi yang harus di pahami. Sebagaimana ada 3 tingkatan pula pelajaran akuntansi.

3 Tingkatan pelajaran akuntansi yaitu :

  1. Tingkat Dasar
  2. Tingkat Mahir, dan
  3. Tingkat Ahli

Secara umum blog ini hanya membahas sampai tingkat dasar dan Mahir saja. Namun tidak tertutup kemungkinan blog ini bisa memaparkan sampai tingkat ahli.

Namun terpenting adalah bagaimana memahami dasar-dasar akuntansi sebagai pokok paling utama.

Sebagaimana kami sebutkan bahwa memahami dasar-dasar akuntansi itu ada 3 dalam hemat kami yang kita telah tulis sebelumnya. Berikut penjelasannya :

1. Rumus Dasar Akuntansi

Pertama kita harus bisa mengetahui tentang Rumus Dasar Akuntansi. Rumus dasar ini adalah sebuah rumus tunggal yang nantinya di jadikan sebagai patokan dalam praktek akuntansi.

Harta = Utang + Modal

Bukan sebuah rumus penjumlahan, tetapi adalah sebuah rumus persamaan. Dimana indikasi utama dari rumus ini adalah bahwa setiap transaksi pastinya memiliki pencatatan seimbang. Artinya sebuah transaksi akan mempengaruhi posisi debet dan kredit dalam jumlah yang sama dan hal ini dapat dilihat dalam artikel penerapan rumus akuntansi.

2. Logika Akuntansi

Selanjutnya setelah mengetahui Rumus dasar akuntansi adalah memahami logika akuntansi. Dalam logika ini kita akan mempelajari bagaimana penempatan dari debet dan kredit dengan penerapan rumus dasar akuntansi.

Penguasaan logika ini tidak begitu sulit, jika kita mengetahui bagaimana cara mencatat sebuah transaksi. Mulailah mencatat dengan mencari sisi pada neraca yang dipengaruhi utamanya pada kas.

3. Persamaan Dasar Akuntansi

Setelah Paham Rumusnya dan menguasai logika akuntansinya, saatnya untuk praktek dengan persamaan dasar akuntansi.

Dari sini kita bisa melihat apa kamu benar-benar paham dengan Rumus akuntansi dan Logika Akuntansi.

Itulah sebabnya mengapa dalam tulisan kami mengenai persamaan dasar akuntansi menyebutkan bahwa “gagal dalam praktek persamaan dasar akuntansi maka selamanya tidak akan paham dengan akuntansi“.

Karena gagal dalam praktek persamaan dasar akuntansi sama saja bahwa kamu tidak paham dengan dengan penerapan Rumus Dasar Akuntansi dan tidak paham akan Logika Akuntansi. Secara jelas bisa di lihat dalam contoh persamaan dasar akuntansi yang pernah kami terbitkan.

Untuk itu pahami dulu ketiga hal tersebut , dan kami yakin ketika kamu telah paham dan menguasai ketiga hal tersebut maka di pastikan bawah kamu akan mampu menjadi seorang yang menguasai akuntansi dengan sangat baik.

Jangan lupa BAGIKAN, Terima Kasih !

COMMENTS