Sekilas Tentang Akuntansi

Sekilas Tentang Akuntansi

Halo Akuntansi – Dalam pemahaman kami mengenai akuntansi sebagaimana kami pelajari bahwa Akuntansi merupakan sebuah kegiatan pencatatan atas berbagai transaksi yang melibatkan uang atau memiliki nilai nominal yang kemudian di kumpulkan dalam satu pencatatan pembukuan dengan sebuah siklus tertentu dan menghasilkan sebuah laporan keuangan. Tentu saja ini bukanlah pengertian secara harfiah yang biasa anda baca tentang akuntansi. Namun perbedaannya mungkin hanya sedikit karena inilah pemahaman kami.

Akuntansi sendiri memiliki metode atau hukum-hukum dengan ketentuan dan kebijakan yang dibuat oleh perusahaan. Namun dalam akuntansi ada sebuah metode yang tidak dapat di putuskan oleh perusahaan karena sudah menjadi sebuah metode atau hukum kegiatan akuntansi.

Salah satu jenis metode dalam akuntansi misalnya adalah kepastian adanya penyusutan nilai suatu peralatan. Dalam kegiatan pencatatan akuntansi, penyusutan harus di adakan guna mengetahui nilai peralatan yang digunakan. Misalnya perusahaan anda punya mesin, pada saat anda membeli mesin, maka nilainya tentu sesuai harga saat pembelian, namun 3 atau 5 tahun mendatang tentu nilai dari mesin itu akan berbeda dengan nilai pembeliannya saat masih baru.

Ada pun ketentuan yang kami maksudkan di putuskan oleh perusahaan adalah kebijakan dalam menentukan nilai beberapa item, misalnya nilai mesin saat 3 atau 5 tahun kedepan atau nilai kendaraan operasional 5 tahun kedepan. Kebijakan ini tentu berada di tangan perusahaan namun tetap mengharapkan bantuan analisa dari pihak pengelola keuangan.

Akuntansi juga memiliki metode khusus dalam pencatatan yang kami sebut sebagai logika akuntansi. Ada sebuah logika ketika melakukan pencatatan. Logika ini di terapkan pada konsep debet dan kredit terhadap sebuah transaksi.

Saya ambil contoh tentang penjualan !

Pada dasarnya orang mengenal debet itu adalah bertambah dan kredit itu adalah berkurang, Bukan demikian ??

Ketika kita mencatat penjualan dengan konsep bertambah berarti di Debet maka saat terjadi penjualan maka kita akan men-debet / menambah penjualan maka yang kita kredit adalah bagian yang mana ?

Kemudian saat terjadi penjualan tentu ada yang di terima dari hasil penjualan itu berupa uang atau piutang. Karena uang atau Piutang bertambah (Debet) maka yang manakah yang di kredit ??

Inilah pentingnya untuk mengetahui tentang logika akuntansi yang nantinya secara terperinci akan kita bahas bersama dalam blog Halo Akuntansi ini.

Namun yang terpenting dari akuntansi sebagai pengetahuan dasar kita rangkum saja dalam point-point berikut :

  1. Memahami Persamaan Dasar Akuntansi
  2. Memahami Rumus dasar/tunggal akuntansi
  3. Memahami logika akuntansi
  4. Memahami siklus akuntansi

Dan setelah melihat poin-poin di atas saya yakin bahwa anda akan mampu setidaknya membaca laporan keuangan yang di sajikan oleh akuntan / pengelola keuangan perusahaan anda.

Sebaiknya untuk terus mengikuti blog ini anda bisa bergabung dengan laman FB kami @AkuntansiId dan setiap pertanyaan mengenai akuntansi, baik tentang teori dasar atau praktek transaksi bisa ditanyakan melalui laman tersebut.

Jangan lupa BAGIKAN, Terima Kasih !

COMMENTS